Daftar Blog Saya

Cari Blog Ini

Memuat...

Jumat, 23 April 2010

UJI KATALASE

UJI KATALASE

1. Hasil pengamatan

Bertujuan untuk mengetahui enzim katalase

Jenis susu

Warna awal

Setelah ditetesi H2O2

Setelah 90 menit

Susu A

Putih susu

Terjadi penggumpalan dibagian atas

++

Susu B

Putih susu

Terjadi sedikit gelembung

-

Susu c

Putih susu

Tidak terjadi perubahan

+

Keterangan : ++ = terdapat banyak oksigen

+ = terdapat sedikit oksigen

2. Pembahasan

Dari data hasil pengamatan diperoleh bahwa pada susu A terdapat banyak oksigen setelah ditetesi H2O2 3% dan setelah didiamkan selama 30 menit, pada susu B terdapat sedikit endapan yang sedikit setelah ditetesi H2O2 3% dan setelah didiamkan selama 30 menit tidak terjadi gelembung-gelembung, sedangkan pada susu C tidak mengalami perubahan setelah ditetesi H2O2 3% namun terjadi gelembung yang menunjukkan adanya oksigen.

Katalase adalah enzim yang ditemukan pada berbagai makanansalah satunya terdapat pada susu. Penggunaan katalase dapat digunakan untuk menduga jumlah bakteri dalam sebuah makanan, suatu alat yang disebut katalasemeter menggunakan prinsip lempengan terapung untuk mengukur secara kualitatif aktifitas katalase dalam beberapa menit.

Katalase adalah enzim yang terdapat hampir semua sel hidup,yang dapat mengkatalis penguraian H2O2. Enzim katalase didalam susu dibentuk oleh sel-sel bakteri dan kuman, enzim ini dapat membebaskan 02 dari larutan H2O2 sehingga dapat menimbulkan gelembung-gelembung udara. Menurut Fandi (2008) pada pemeriksaaan susu kaleng kadang terbentuk gas O2 pada ujung tabung katalase sedangkan pada susu kemasan terbentuk gas O2pada permukan tabung, uji ini dilakukan untuk mengetahui tingkatan mikroba, enzim ini akan membebaskanO2 dari larutan H2O2, oksigen yang dibebaskan hanya pada bagian permukaan.

3. Kesimpulan

Dari data diatas hasil praktikum serta hasil pembandingnya, semakin banyak O2 yang terbentuk maka bakteri yang terdapat didalam susu tersebut juga banyak, hal ini berbanding lurus dengan apa yang dihasilkan oleh bakteri yakni oksigen.

Jika ada kesalahan saya minta maaf yang sebesarnya.OK

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar